Masyarakat Indonesia Kembali Kirim Bantuan Ambulans untuk Gaza

Ambulans buah kedermawanan masyarakat Indonesia untuk warga Palestina kembali bertambah. Ada tiga ambulans baru yang akan menemani dua unit ambulans yang telah melanglang di Gaza.

Masyarakat Indonesia Kembali Kirim Bantuan Ambulans untuk Gaza

Update : 18 Jun 2021 16:40

ACTNews, GAZA – Tiga ambulans tambahan siap bersiaga di Gaza. Ketiganya merupakan buah kedermawanan masyarakat Indonesia yang dititipkan melalui Aksi Cepat Tanggap. Sebelumnya, dua armada telah bertugas membantu pasien-pasien di Gaza.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT mengatakan, kelima ambulans tersebut akan disiagakan di masing-masing kegubernuran di Gaza, yaitu Rafah, Deir Al Balah, Kota Gaza, Gaza Utara dan Khan Younis. Sehingga, tiap ambulans setidaknya beroperasi untuk wilayah seluas 45-55 kilometer persegi.

"Inisiasi ini didasari penanganan korban luka atas serangan Israel yang sangat banyak. Ambulans menjadi kebutuhan yang sangat darurat. Baik itu untuk membawa korban ke rumah sakit, maupun membawa pasien ke rumahnya setelah rumah sakit menyatakan pasien tersebut bisa rawat jalan," ujar Said, Sabtu (12/6/2021).

Ketiga ambulans yang hadir ini pun bertipe pre-hospital. Bukan sekedar untuk mengantarkan pasien, di kabin, ambulans memiliki peralatan medis penunjang, seperti monitor, tabung oksigen, pulse oximeter, hingga alat pengukur tekanan darah. Di dalamnya pun juga telah berjaga tim medis yang mampu memberikan perawatan pertama kepada pasien.

Ambulans dermawan ampu beroperasi hingga 18 jam per hari. Tiap ambulans rata-rata mampu mengantar hingga 35 pasien setiap hari. "Tim ACT di ambulans akan membantu pasien agar tetap nyaman ketika diangkut masuk ke ambulans maupun saat sampai di rumah. Mereka membantu mengangkat pasien yang masih sulit untuk berjalan. Memastikannya dalam keadaan baik hingga sampai ke dalam rumah," pungkas Said.

Said juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Sahabat Dermawan yang telah memberikan bantuan terbaiknya sehingga unit ambulans ACT dapat bertambah. "Ini adalah bukti eratnya persaudaraan antara warga Indonesia dengan Palestina. Dengan ambulans ini, maka aksi medis di negeri yang tengah dijajah tersebut semakin masif dan meluaskan manfaatnya," pungkas Said. Sedekah Sekarang